Beda peserta didik beda cara
Peran guru dalam proses belajar mengajar merupakan salah faktor penting dan memiliki pengaruh yang besar terhadap berhasil atau tidaknya peserta didik dalam mengembangkan pengetahuan dan kepribadian yang dimilikinya . Peran seorang guru dalam proses belajar mengajar adalah sebagai pengajar, pendidik, pembimbing, korektor, fasilitator, mediator, supervisor, dan evaluator .
Untuk menentukan keberhasilan suatu pendidikan guru harus mampu mewujudkan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan sehingga dapat menjadi magnet bagi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan baik . Guru juga harus memperhatikan adanya perbedaan yang terdapat pada setiap individu peserta didik sehingga ketika proses belajar mengajar berlangsung yang lemah dan lamban dalam menerima pelajaran memiliki niatan dan termotivasi untuk terus belajar .
Berkenaan dengan perbedaan tingkatan kemampuan peserta didik, guru terlebih dahulu harus mengetahui secara keseluruhan dari kemampuan masing-masing peserta didik . Sebab banyak perbedaan peserta didik yang harus diketahui oleh guru antara lain: 1) Perbedaan Latar Belakang; 2) Perbedaan Kognitif; 3) Perbedaan Kecakapan Bahasa; 4) Perbedaan Kecakapan Motorik; 5) Perbedaan Bakat; 6) Perbedaan Kesiapan Belajar.
Dalam perbedaan tingkatan kemampuan peserta didik dalam proses belajar mengajar, guru harus terus melakukan perubahan-perubahan dan guru harus menjaga apa yang dirasakan oleh peserta didik, dan guru harus memastikan bahwa seluruh peserta didik masih semangat, antusias dalam belajar, memiliki niatan dan termotivasi . Diharapkan ketika proses belajar mengajar berlangsung, peserta didik tidak merasa kesulitan dalam menerima materi pembelajaran yang diberikan karena adanya perbedaan yang selalu dihargai oleh guru.