Guru Digugu dan Ditiru

Guru Digugu dan Ditiru

(Setiap Sikap, Perbuatan dan Perkataan akan menjadi Contoh yang Digugu dan Ditiru )

OLEH :  Khasanah

Kehadiran sosok guru di tengah – tengah anak didik  menuntut guru lebih memaksimalkan perannya, tidak semata sebagai pendidik, namun juga pemberi dan pemantik  inspirasi bagi anak didiknya. Guru juga harus bisa memberikan pencerahahan bagi anak didiknya dan mampu melahirkan siswa yang tangguh, siap menghadapi aneka tantangan sekaligus  memberi perubahan yang hebat bagi kehidupannya.

Guru adalah contoh terdekat bagi anak-anak didik disamping keluarganya di rumah. Maka guru harus mampu  menginspirasi anak didik  dengan segala tindakan dan ucapanya .  Guru bisa menginspirasi anak didik dari hal-hal yang kecil, misalnya jujur dalam bertindak, berkarya, menulis, dan berkata dengan santun. Jika  Posisi guru bisa seperti itu maka sangatlah  pantas ia  menjadi panutan dan inspirasbagi anak didiknya .

Sudahkah kita sebagai guru bisa digugu dan ditiru?

Ungkapan guru sebagai orang yang bisa digugu dan ditiru maknanya amatlah luar biasa.  Digugu memiliki arti dipercaya atau dipatuhi, Sedangkan ditiru berarti diikuti atau diteladani.  Sudah sepatutnya kita sebagai seorang guru haruslah memiliki dua hal tersebut. Segala penyampaian dari guru haruslah sebuah kebenaran yang menumbuhkan keyakinan kepada setiap yang mendengarnya, dan segala tingkah lakunya haruslah menjadi contoh bagi setiap yang melihatnya. Guru harus menjadi teladan dan bukan malah telatan.

Agar bisa dipercaya dan dipatuhi, bisa digugu dan ditiru kita sebagai seorang guru haruslah memiliki pemahaman yang luas dan mendalam terhadap ilmu pengetahuan  yang hendak ia sampaikan. Tidak cukup dengan itu, seorang guru juga harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai metode dalam menyampaikannya. Bagaimana mungkin seorang guru bisa meyakinkan muridnya kalau ia lemah dalam pemahaman dan penyampaian maka akibatnya kemalasan, cuek dalam mengerjakan tugas sehingga timbulnya rasa ketidaknyamanan didalam kelas maunya keluar karena metode yang membuat dia bosan.  Guru harus berubah mulai saat ini dan guru harus bisa digugu dan ditiru . (Khasanah)