PEDULI KEBERSIHAN DAN KEINDAH SEKOLAH UJIAN PRAKTEK GELAR LUKIS MURAL

Sejumlah 125 siswa  kelas IX SMP Negeri 3 Kasihan  mengikuti  ujian praktek dengan menggambar seni mural pada dinding sekolah setempat, Sabtu, (31/1/2015). Kegiatan menggambar seni mural itu merupakan serangkaian pada ujian praktek secara berkelompok yang terdiri dari 5 orang . jumlah kelompok ada 25 kelompok . Keaslian ide atau gagasan dan visualisasi  gambar  merupakan kriteria penilaian yang telah ditentukan .

“Seni Mural merupakan kegiatan melukis untuk menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk gambar yang menggunakan dinding atau tembok sebagai sarananya. Kegiatan menggambar dengan  seni mural  selain untuk ujian praktek juga sebagai salah satu media untuk menyalurkan kreatifitas siswa. Dalam kegiatan itu, tema yang diangkat memiliki makna pesan moral yang positif,” kata Darsono,S.Pd , guru seni budaya SMP Negeri 3 Kasihan .  Kegiatan ini selain untuk ujian praktek  juga bertujuan agar tembok tidak terlihat kumuh kotor sehingga tembok dapat lebih bermakna karena mural,” lanjutnya .

Ujian praktek dengan menggambar seni mural dilaksankan setelah siswa mengikuti ulangan mingguan setiap hari sabtu .  antusias mereka membuat gambar pada tembok-tembok yang ada di lingkungan sekolah.  Berbagai pesan moral disampaikan, misalnya jauhi narkoba, semangat untuk berprestasi, sampai pesan cinta terhadap lingkungan . Sudah selama  empat jam para siswa yang terdiri dari beberapa kelompok  menuangkan cat warna-warni. Ada juga yang membuat sket terlebih dahulu, kemudian baru proses memblok warna, dan ada pula yang masih mondar-mandir mencari gagasan untuk dituangkankan  dalam kuas .  Akhirnya mereka berharap semoga gambarnya menarik dan nilai ujiannya baik . kata Defani sambil menggoreskan kanfas di tempat dinding .

(Ngatono)

Data email Anda akan dijaga kerahasiaannya.

Share This