Evaluasi Diri Sekolah (EDS)

Mudiyana, M.Si, Kepala Bidang SMP Dikdas  Kabupaten  Bantul

“ Evaluasi Diri Sekolah (EDS) adalah gambaran umum dalam aspek secara nyata, akurat dan berdasarkan bukti-bukti tentang seluruh kinerja Sekolah “

Evaluasi Diri Sekolah (EDS amat diperlukan oleh Sekolah karena evaluasi ini adalah evaluasi internal yang dilakukan oleh dan untuk Sekolah sendiri guna mengetahui kekuatan dan kelemahannya sendiri . Salah satu aspek dalam pengembangan sistem penjaminan termasuk peningkatan mutu pendidikan adalah Evaluasi Diri Sekolah (EDS) . Evaluasi Diri Sekolah (EDS) merupakan alat yang dapat dipakai oleh Sekolah untuk memberikan gambaran umum dalam aspek secara nyata, akurat dan berdasarkan bukti-bukti tentang seluruh kinerja Sekolah . Demikian yang disampaikan oleh Mudiyana, M.Si, Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul ketika melaksanakan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) di SMP Negeri 3 Kasihan, Sabtu, (7/12) .

Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dilaksanakan oleh setiap sekolah sebagai satu kebutuhan untuk meningkatkan kinerja dan mutu sekolah secara berkelanjutan, lanjutnya . Selanjtnya ia mengtakan bahwa Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dengan merujuk pada 8 (delapan) SNP, yaitu Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pembiayaan, Standar Pengelolaan, dan Standar Penilaian . Namun pelaksanaan EDS di SMP Negeri 3 Kasihan tahun 2013 ini hanya meliputi 2 (dua) standar yaitu Standar Isi, dan Standar Proses  sedang standar yang lain menunggu gilirannya . Dua standar dirasa cukup efektif .

Pelaksanakan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) di SMP Negeri 3 Kasihan dilakukan oleh 2 (dua) petugas yaitu : Mudiyana, M.Si, Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul dan Giyana, M.Pd, pengawas Matematika. Evaluasi Diri Sekolah (EDS) untuk Standar Isi  dilakukan oleh Madiyana, M.Si, dan didampingi oleh penulis dan Mundi Lartono, sedang Standar Proses  dilakukan oleh  Giyana, M.Pd didampingi Ngesti Panti Wuryani, S.Pd dan  Dra. Erna fitriani, bertindak sebagai pembantu pendamping Sri Katon, S.Pd . Evaluasi Diri Sekolah (EDS berlanpgsung  dari pukul : 08.00 sampai dengan pukul : 11.30 WIB .  Alhamdulillah semua instrument Evaluasi Diri Sekolah (EDS) sebagian besar telah dilaksanakan sekolah . Semoga bermanfaat .

(Ngatono)

KOMENTAR ANDA

Silahkan tuliskan komentar Anda pada form dibawah.

  1. Ikhsan darmawan berkomentar:

    Kenapa tidak diadakan lomba catur, voly,basket saat class meeting
    Terima kasih

Data email Anda akan dijaga kerahasiaannya.

Share This